Selasa, 12 Mei 2009

Kenapa banjir

PENGENDALIAN BANJIR ……………
Pada saat musim hujan, banjir hampir terjadi di setiap saat dan di setiap tempat. Hujan yang cukup deras mengguyur hampir sepanjang malam dapat menyebabkan terjadinya banjir, terutama di daerah langganan banjir.
Banjir terjadi karena ketidak-seimbangan antara aliran permukaan (“ run off “) dengan daya adsorbsi tanah. Daya absorbsi tanah mengecil karena tidak adanya tumbuhan diatas permukaan tanah yang terjadi, baik karena penggundulan hutan maupun proses penambangan. Sesuai hukum gravitasi, aliran permukaan akan menggenangi daerah yang rendah terlebih dulu, baru kemudian ke daerah yang lebih tinggi.
Aliran air permukaan dapat menimbulkan dampak yang sangat hebat tergantung seberapa besar hujan yang tercurah dari langit dan aliran permukaan yang terjadi.

Dampak Negatif Banjir……………
Banjir yang terjadi di suatu tempat akan menghentikan dan menghambat aktivitas sehari-hari masyarakat, misalnya :
a.Bila sekolah yang tergenang air, maka siswanya terpaksa diliburkan.
b.Bila alat elektronik (komputer dll) milik kantor pemerintah dan swasta yang tidak sempat diamankan akan menyebabkan para pegawai pergi kekantor hanya untuk menyelamatkan berkas kepegawaian dan peralatan perkantoran.
c.Kawasan permukiman yang terendam air menyebabkan penduduknya sibuk mengurusi rumahnya yang kebanjiran untuk menyelamatkan harta bendanya.
d.Sebaliknya penduduk yang tinggal di daerah bebas banjir pasti ragu untuk bekerja atau mau pergi ke luar kota karena harus melintasi daerah yang tergenang.

Dampak Positifnya…………………
Betatapapun dampak banjir begitu besar, namun sesuai ketetapan Tuhan, maka selalu saja dibalik musibah ada manfaat dan kebaikan, misalnya :
a.Anak memiliki tempat untuk bersuka cita dengan berlarian dan berenang kesana kemari.
b.Bengkel motor banyak menerima pelanggan, yang motornya mogok. Penduduk menjadi polisi pengatur lalu lintas di perempatan jalan, sedangkan yang lainnya menjadi tukang dorong motor atau mobil yang mogok.

Salah Satu Upaya Penanggulangan Banjir
Setelah banjir reda, semua penduduk mulai membersihkan rumah, perabotan dan kendaraannya untuk menyongsong kehidupan yang normal seperti hari –hari biasa.
Tapi apakah kita harus seperti itu terus ? Tuhan telah memberikan akal kepada kita untuk digunakan agar alam dimana kita hidup, harus selalu kita jaga agar tidak menimbulkan kerusakan. Maka lakukanlah pembuatan biopori di halaman rumah kita dan mari kita sukseskan program gerakan penanaman sejuta pohon dengan menanam satu pohon saja diantara kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar